Tulup Jonggrang

September 21, 2008 at 3:53 am 16 komentar

BELAJAR NJAWI YOOOKKKK…………

Dilangsir dari http://www.mail-archive.com/itb@itb.ac.id/msg32604.html

TULUP JONGGRANG

   Perange bocah-bocah ing
   wewengkon Kali Papah
   saben sore blusukan
   aneng pinggir sawah
   perang-perangan
   nganggo tulup isi wong jonggrang
   yen kena awak dadi gatal abang-abang
   tobil tobat seminggu lagi bisa ilang.

   Isih cilik wis latihan perang
   gawe cilakaning liyan
   senajan ta mung nganggo wong jonggrang
   besuk yen gedhe dadi tentara
   dikirim neng medan tenan
   lakune ya ora beda cilikane
   tansah gawe sengsara pepadhane
   embuh bocah embuh wong tuwa
   yen dianggep mungsuh ya kudu dibedhil
   sithik sing duwe asih
   nenteng bedhil sadalan-dalan
   kemaki rumangsa wis isa dadi kompeni.

   Yen dadi politisi
   ya padha wae, ora kenal jeneng mitra kanca
   sikap curiga kudu ditrapke sapa wae
   dhemi interes golek kursi
   ora dienggo lungguh ngrungokke gawe bekti
   nanging malah dienggo pongah ngumbar srakah.

   Yen dadi politisi
   ya padha wae, ora kenal jeneng mitra kanca
   sikap curiga kudu ditrapke sapa wae
   dhemi interes golek kursi
   ora dienggo lungguh ngrungokke gawe bekti
   nanging malah dienggo pongah ngumbar srakah.

   Wong jawa wis kelangan tembung kanca
   wis mbuwang adoh tembuh sedulur
   wis emoh nguripi dalan sampurna
   dadi manungsa utama.

   Juli 15, 2002
   T.L.

Hoalah… mboten ngertos,, blass….

Entry filed under: tulisan standar. Tags: , .

Ayah! Allah yang Maha Baik

16 Komentar Add your own

  • 1. dian  |  September 21, 2008 pukul 4:20 am

    aku tau artinya…😀 JAWA-lah Indonesia Raya! JAWA-lah Indonesiakuuu! (mode narsis : ON)

    Balas
  • 2. miftajah  |  September 21, 2008 pukul 4:50 am

    JAWAAAAAA !!!!!

    Balas
  • 3. ami ramdhani  |  September 21, 2008 pukul 9:22 am

    gak ngerti,,
    saya mah orang sunda
    ^^

    Balas
  • 4. miftahnyapipi  |  September 21, 2008 pukul 1:21 pm

    @ ami
    padahal isinya bagus bgt lo mi kalo ngerti…
    cerita tentang karakter manusia saat dia dewasa yang ternyata sangat dipengaruhi oleh kehidupan masa kecilnya…
    Isih cilik wis latihan perang
    gawe cilakaning liyan
    senajan ta mung nganggo wong jonggrang
    besuk yen gedhe dadi tentara
    dikirim neng medan tenan
    lakune ya ora beda cilikane
    tansah gawe sengsara pepadhane

    artinya : (semoga bener, orang jawa betulin y klo salah)

    masih kecil udah latian perang
    bikin yang lain celaka
    walaupun cuma pake mainan (namanya jonggrang; semacam pistol2an anak kampung yang dibuat dari bambu diameter 1 cm, pelurunya kertas basah. kalo mau nembak, pelurunya ditaro di ujung pistol2an dan didorong keras pake kayu dari ujung lainnya)
    nanti kalau udah besar jadi tentara
    dikirim ke medan perang yang sesungguhnya
    perilakunya ga beda sama waktu masih kecilnya
    selalu bikin sengsara sesamanya

    Yen dadi politisi
    ya padha wae, ora kenal jeneng mitra kanca
    sikap curiga kudu ditrapke sapa wae
    dhemi interes golek kursi
    ora dienggo lungguh ngrungokke gawe bekti
    nanging malah dienggo pongah ngumbar srakah.

    artinya :
    kalau jadi politisi
    ya sama aja, ga peduli teman atau bukan
    sikap curiga harus diterapakn kesiapapun
    demi interes dapat kursi
    ga dipakai duduk mendengarkan dan melakukan bakti (mengabdi, mungkin maksudnya)
    malah dipake sombing ngumbar keserakahan

    Wong jawa wis kelangan tembung kanca
    wis mbuwang adoh tembuh sedulur
    wis emoh nguripi dalan sampurna
    dadi manungsa utama

    artinya :
    orang jawa sudah kehilangan persahabatan
    sudah membuang jauh rasa bersaudara
    sudah ga mau lagi hidup di jalan yang bener
    jadi manusia utama

    SIP!
    Alhamdulillah… bisa njawi…
    (tadi malem ngikik2 ama Budi, ngartiin bareng. apalagi nemu kata “blusukan” yang sebenernya ga ada artinya, tapi kita ngerti… hahahahaha)

    Balas
  • 5. annitldari5bdg  |  September 21, 2008 pukul 2:38 pm

    @ pipi
    iya, artinya bagus ya.
    Tapi aku mah ga perlu belajar bhs jawa ah.. Kan rencananya tinggal di bandung terus =p

    Balas
  • 6. dianorangjawatulen  |  September 21, 2008 pukul 6:57 pm

    hehehee… ya gitu deh. kk deri jg sempet nanyain ttg bhs jawa, trus aku kesulitan mencari padanan kata nandang wuyung… emang bahasa jawa tiada duanya. hehe NARSIS mode : ON

    Balas
  • 7. miftajah  |  September 21, 2008 pukul 11:11 pm

    @ anni
    aku mesti ngerti nih ni… secara mbahku ga bisa basa Indonesia (masa harus ditranslet bude aku yang gaul ga ketulungan itu)

    yah, anni jangan dibandung terus dong… kita ke Arab yuk!

    oia, pas aku ke jawa, kan aku berencana bakal ke jogja pas pulang dari jatim, sekitar tanggal 8 ato 9 lah. Aku ma cg janjian ketemuan di Stasiun Lempuyangan mau jalan2 di Jogja. Ntar kita bisa jalan2 bareng. Mau ga ni? Ani mau, ama cegi. udah bilang juga ke Jarwo FA, katanya dia di jogja tanggal segitu. bisa maen2 nih ke rumah temen2 di Jogja, Jarwo… Mba Upe… Endah…
    wow! kayaknya seru! (tapi cegi dan ani berencana ngekonomi ni… gimana?)

    Balas
  • 8. dian  |  September 22, 2008 pukul 4:40 am

    wahhhh, maen ke magelang aja kl gt!

    magelang is a beautiful place!!!

    tapi tgl 8 sepupuku nikahan, tgl 9 nya bakal ke surabaya tampaknya…

    Balas
  • 9. Kakak  |  September 22, 2008 pukul 9:34 am

    @ pipi
    Ke arab ?! InsyaALLAH sekitar bulan Januari atau Februari 2009 berencana ke Arab.
    Aaa mau ikut..
    Tapi g bs ikut kalo kyk gt. Secara, buat sekolah di depok aja ga diijinin..
    Ntar deh, aku take a trip nya kalo udah ada mahrom yg laki2.. (?!)

    Balas
  • 10. Kakak  |  September 22, 2008 pukul 9:36 am

    Yang ‘kakak’ = annitldari5bdg. Lg pake login orang.
    Salam.
    Annitldari5bdg

    Balas
  • 11. annitldari5bdg  |  September 22, 2008 pukul 9:51 am

    Udah pake login sendiri nih =)
    Eh, pi, waktu tingkat 1, aku pernah diajak orang tua, iseng menyusuri pesisir Pantura, sampai Surabaya, sambil lihat makam 9 wali songo, trus ngerasain adat budaya daerah2 pesisir. Jadi waktu itu menu makanannya jg seafood terus.. Asyik. Kalo ke Jogja brarti menyusuri daerah yg tengah ya! Asyik juga kok. Aku pernah beberapa kali maen ke sana juga. Adat dan budayanya jg eksotis banget..
    Semoga menemukan sedikit angin sejuk di tengah pencarian yg panjang!

    Balas
  • 12. radit  |  September 22, 2008 pukul 4:18 pm

    Jawanya ngoko kromo yak!?
    Ada beberapa kosakata yang ga kumengerti. Maklum, orang jawa jadi-jadian. Bersyukurlah kepada kalian yang memiliki latar belakang kesukuan yang jelas [jadi curhat begini…].
    Wah,ke Jogja ya!? Jangan lupa mampir ke satu2nya SMUN yang ada di deket Stadion Kridosono,ya!? Sekolah keren tuh!hahaha

    Balas
  • 13. agungfirmansyah  |  September 22, 2008 pukul 5:03 pm

    Assalamualaikum wr wb

    Salam kenal Mbak…
    Kayaknya ada beberapa kata yg salah ketik.🙄

    Balas
  • 14. MiftahnyaPIPI  |  September 22, 2008 pukul 10:03 pm

    @budi
    udah bolos aja jd pagerayu nya.. Sering ini..

    @anni
    ayo ni, cuma sehari doang ko.. Kan wkt yg k sby g jd.. Lebih deket kan?

    @radit
    sekolah yg mana? Bukanny satu2ny sekolah keren itu yg d jln raya pandeglang km5 serang itu y?
    Suku? Nyantei lah,, masi mending g jelas suku daripada g jelas jatidiri kan? Hehe.. Piss!

    @agung
    waalaikumsalam
    salam kenal juga
    gpp salah ketik, asal g salah makna

    Balas
  • 15. fakhria  |  September 23, 2008 pukul 1:56 pm

    Mbak.. aku yo wong jowo,, hehe tapi emoh dadi politisi, hehe

    Balas
  • 16. miftajah  |  September 23, 2008 pukul 2:00 pm

    yo ga’ popo lek mboten dadi politisi…
    sing penting ngabdi karo negoro

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


quote ov da dei

ak ada alasan untuk pesimis karena Allah ‘Azza wa Jalla tak pernah berhenti memberi pertolongan, kecuali kalau iman kita telah habis dan keyakinan kita pada kekua­saan-Nya telah menipis (Mohammad Fauzil Adhim)

udah

  • 77,352 orang nih

For my special one, Kania

Dimanapun kamu berada, aku masih disini. Menyiapkan bahu untuk kau pinjam. Menyiapkan tangan untuk kau raih, serta kaki untuk kau ajak berlari kembali.

ENTP vs INTP [masih ENTP]

Click to view my Personality Profile page

kotakku


%d blogger menyukai ini: