Don’t Give Up, teman..

Mei 29, 2008 at 8:16 pm 1 komentar

Orang Gila di Jakarta Meningkat
Kamis, 27 Oktober 2005 | 02:34 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Jumlah orang gila di Jakarta belakangan ini mengalami peningkatan. Empat panti laras milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yakni di Cengkareng, Cipayung, Daan Mogot, dan Bambu Apus, sudah tidak mampu lagi menampungnya.Kasubdis Rehabilitasi Tuna Susila (RTS) Dinas Bintal Kesos DKI Bambang Sugeng mengatakan jumlah orang gila yang terjaring selama bulan ini meningkat pesat. Biasanya setiap hari terjaring lima hingga enam orang gila, tetapi sekarang bisa mencapai 10 hingga 20 orang.

“Dalam satu bulan berjalan ini (sampai 25/10), jumlah orang gila yang terjaring sebanyak 118 orang. Hari ini saja bertambah 8 orang,” jelas Bambang di Jakarta, Rabu (26/10).

Dia mengaku pihaknya kewalahan untuk menampung orang gila di panti, karena kapasitas empat panti yang sudah tidak memadai. Dia mencontohkan, Panti Laras Cengkareng yang memiliki daya tampung maksimal 300 orang, saat ini sudah dihuni lebih dari 500 orang gila.

Bambang tidak bisa memastikan peningkatan orang gila yang terjaring dalam waktu terakhir ini sebagai akibat kenaikan BBM. “Mungkin saja sih, karena BBM naik banyak orang stres,” kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Bintal dan Kesos DKI Jakarta, A. Sjarief Mustafa, mengatakan daya tampung maksimal empat panti milik Pemprov DKI adalah 850 orang, namun saat ini secara keseluruhan penghuninya sudah lebih dari 1.600 orang.

Syarief membantah peningkatan jumlah orang gila itu sebagai akibat langsung dari kenaikan BBM. “Banyaknya orang-orang daerah saja yang tidak kuat bersaing di Jakarta dan tidak kuat menanggung beban,” tukasnya.

Gila
Kata bang wiki, gila atau dalam bahasa inggris disebut insanity atau madness, adalah istilah umum tentang gangguan jiwa yang parah. Di lingkungan dunia medis lebih sering digunakan istilah gangguan jiwa. Kata kegilaan sering pula digunakan untuk menyatakan tidak waras, atau perilaku sangat aneh. Dalam pengertian tersebut berarti ketidaknormalan dalam cara berpikir dan berperilaku.

Orang gila, di Indonesia katanya makin banyak pasca kenaikan BBM tahun 2005 lalu. dan sekarang, diperkirakan akan meningkat lagi. sekarang, Riset Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan di Jakarta menyebutkan bahwa potensi kenaikan jumlah orang gila akan meningkat 40%. RS Jiwa di Batam dan Jakarta, ba’da kenaikan BBM overload.

Data dari Kelompok Kerja Advokasi Kesehatan Jiwa Universitas Indonesia menyebutkan bahwa 12% dari total penduduk Indoensia mengalami gangguan jiwa. apakah kenaikan jumlah orang gila ini akan menjadi fenomena? Di Jepang lain cerita, orang gila emang dapat dikatakan sedikit, tapi coba kita lirik jumlah orang yang mengalami suicide. 30 ribu orang pertahun. sedangkan di China, karena penduduknya lenih banyak, angka untuk pelaku bunuh diri juga lebih tinggi, 250 ribu pertahun. BAYANGPUN! Dan Indonesia, tiga tahun terakhir.. terhitung 2005, 2006, dan 2007, sedikitnya 50 ribu orang memilih mengakhiri hidupnya karena himpitan ekonomi. Masya Allah.. Astaghfirullah…

hmphhh…. speechless! tapi, mau sampe kapan jadi orang ga konkrit?

Entry filed under: tulisan standar. Tags: .

Antara Mekkah dan Paris Homesick nih..

1 Komentar Add your own

  • 1. zuhair  |  Juli 20, 2008 pukul 3:22 pm

    Kalau yang di Sunken Court ITB tea, gimana menurut teteh?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


quote ov da dei

ak ada alasan untuk pesimis karena Allah ‘Azza wa Jalla tak pernah berhenti memberi pertolongan, kecuali kalau iman kita telah habis dan keyakinan kita pada kekua­saan-Nya telah menipis (Mohammad Fauzil Adhim)

udah

  • 77,352 orang nih

For my special one, Kania

Dimanapun kamu berada, aku masih disini. Menyiapkan bahu untuk kau pinjam. Menyiapkan tangan untuk kau raih, serta kaki untuk kau ajak berlari kembali.

ENTP vs INTP [masih ENTP]

Click to view my Personality Profile page

kotakku


%d blogger menyukai ini: