Ukhuwah Sehangat Mentari

Januari 24, 2008 at 3:16 pm Tinggalkan komentar

Ukhuwah Sehangat Mentari.

Gile brur, gue uda nyampe di depan patung gajah bengkak andalannya Indonesia nih. Aje gile… kaganyangka bener nih gue. Abisan, pas SPMB cuma modal nekat ama pensil 2B ples rautannya doang. Eh, gaseparah itu juga si… modal lah. Modal ongkos 2 rebu perak, buat jajan. Berangkat ke lokasi SPMB dianterbokap gue tersayang. Tapi seriusan nih… gue ngantuk apa ngelindur ya… di depan mata gue ada gajahduduk yang punya empat tangan. Ada yang megangin tasbeh segede-gede rante kapal, ada yang meganginmangkok, ato lebih tepatnya cawan, ada yang megangin gading yang dipatahin sendiri kalo gue baca daribuku sakti Gamais yang gue pegang sekarang, dan yang paling serem tangan yang satu lagi nih… gile nihgajah, sakti mandraguna! Dia bawa kapak! Serem amir… uda kaya preman bis Jakarta aja. Cuman nyang iniga warna merah. Secara patungnya dari batu. Tapi, setelah kakak gue (gue biasa manggil dia akang) yang dengan sangat sabar dan baik hati ini izin ke air buat cuci muka, baru gue sadar. Iye, bener gue ada dikampus Ganesha. Kampus mautnya temen-temen sesekolah gue. Abisan, seumur sekolah gue idup, barudua orang yang sanggup nongolin batang idungnya buat kuliah di kampus ini. Dan dua orang itu yang terus-terusan disebut-sebut namanya ama kepala sekolah gue yang ke-killer-annya terkenal seanterojagat kota Serang tiap kali upacara. Penasaran ama dua orang yang setelah lulus kaga pernah gue liat itu, gue jadi pengen ketemu dan pengen juga jadi orang ntu berdua.

Pertama kali nih gue ke Bandung. Waktu dapet surat dari kampus yang ga ada matinya ini, gue langsungmenuhin syarat-syarat yang diminta. Mulai dari keterangan sehat (dan mencakup keterangan waras tentuaja) dari dokter, sampe perlengkapan lain sebangsa surat keterangan bebas buta warna. Yah… itu karenague diterimanya di program studi Biologi. Jadi, gue mesti dipastiin ama dokter spesialis mata kalo guebeneran bisa bedain warna ijo sama biru yang nyokap gue sering salah sebut.

Hmm… gue nyoba kenalan ama alam Bandung. Seger. Gue endus-endus idung gue, sekalian cuci matakeliling kampus yang kaga sepi padahal lagi liburan kuliah. Heran juga, ngapain si orang-orang ini jadijurig kampus libur-libur gini. Hari ini giliran fakultas gue, FMIPA, buat daftar ulang. Celingak-celinguk guega kenal siapa-siapa di gedung yang kalo kit pendaftaran bilang sih namanya GSG. Mata gue ngeliatinorang-orang disekitar gue, kali aja gue liat si embe’ disini. Gue liat nama temen SMA gue itu keterima diMatematika waktu gue baca koran pengumuman. Denger-denger si, angkatan gue angkatan paling cihuyselama sekolah gue idup. Parameternya tentu aja jumlah alumni yang masuk PTN. Dan yang paling bergengsi tentu aja kampus UGM, ato kerennya dibilang Universitas Gadjah Mbandung. Katanya, ada 4 orang yang masuk kampus itu. Ga termasuk gue, tiga orang lainnya masuk lewat jalur USM dan KemitraanPutra Daerah. Jadi, waktu temen gue yang udah dari beberapa bulan yang lalu ikutan matrikulasinya KPDnamanya nongol di daftar peserta lulus SPMB, gue jadi bingung. Dia masuk lewat KPD apa SPMB. Lama guececelingukan, ntu temen yang masuk Matematika kaga gue temuin juga batang idungnya. Males ah… dikira apaan cecelingukan dari tadi. Antepin aja lah, ntar juga ketemu kalo udah mulai kuliah.

***

Gue sebenernya ga pernah nyangka bakalan lulus SPMB di kampus aje gile ini. Mimpi aja kaga. Gue tuh, kaga ikutan yang namanya BIMBEL ato les privat semacemnya. Try Out, pernah sekali diawal kelas tiga kalogue ga salah inget. Trus, gue sering ditakut-takutin ama nyokap gue, kalo gue ga lulus SPMB, gue bakalandisuruh kuliah di Serang aja. Hah… yang bener aja. Idup gue ga berkembang amat. Serang lagi… Seranglagi. Bosen ah, pengen ganti suasana. Lagian, gue udah sengaja ngejeblok-jeblokin USM STIS (SekolahTinggi Ilmu Stastika) padahal nyokap gue bilang sih, idup bakal terjamin. Udah dijamin jadi PNS walaupunCuma Golongan IV A. yah… buat ukuran orang kaya gue sih, lumayan banget.

Gue pernah ikutan bimbel sih sebenernya, waktu kelas tiga semester 1 awal-awal. Cuma tahan sebulan. Temen-temen sekelas gue pada norak sih. Ribut mulu di kelas. Secara, mereka anak-anak sekolaunggulan. Jadi ngerasa high quality gitu deh, jadi bisa menindas dan mengintimidasi anak-anak yang sekolanya ga sekeren sekola mereka. Intimidasinya alus kok, cuma bikin ribut di kelas aja. Itu udah bikinorang-orang di kelas itu males bimbel, ato minimal pindah jadwal. Ah, whatever lah… yang penting guesekarang lagi bangga banget. Karena gue sekarang udah resmi jadi mahasiswa kampus ini. Sapa yang gabangga coba, MIT gitu loh… Mbandung Institute of Technology. Anak kelas kacung ampe kelas PresidenDirektur aja pasti langsung angkat dagu kalo ditanya orang pas pulang kampung. “Kuliah dimana, De’?”. “UI cabang Bandung, Pak. Universitasnya Itebe. Yang di jalan Ganesha lho, bukan yang di Depok”.

Ampe malem, gue yang dari tadi siang dianter nyokap, akang gue dan seorang teteh-teteh ABG (orangbilang sih, Akhwat Berjilbab Gedhe) nyari kostan dan belum nemu ampe sekarang gue tepar gini, masihterus aja ngebayangin. Gile bener… gue diterima disini… dan pas mata gue udah mulai digandolin batubata sekilo, gue udah ga sadar lagi. Cuma pikiran gue tetep aja ga nurut ama majikannya, tetepAje gile… ITB bo! bersungut…

***

Mbak ini baik banget ya. Kok mau-maunya nganter-nganter gue, sampe-sampe tadi sore dia batalinrapatnya. Padahal kan gue ga kayak orang-orang yang di Salman itu. Pada pake jilbab yang gedenyaudzubillah. Ups, ternyata di kamar kost mbak ini kasurnya cuma satu. “Ya udah neng, kita tidur dibawahaja”, ucap nyokap gue. Eh, tau-taunya, mbak yang baru balik beli makan diluar bilang, “disini aja, Bu. Biarsaya dikamar temen”. Ya ampun… baik banget sih nih mbak. na’

Besok paginya, mbak itu nanya. “masih mau nyari kost yang lebih deket, Bu?. Kata temen saya di daerahKebon Bibit ada yang kosong”. Akhirnya, dengan pertimbangan males naik angkot, nyokap mengiyakantawaran mbak itu. Dan siangnya, dapet deh tempat kost yang cocok dengan kriteria nyokap. Yang gabareng sama ibu kostnya, tapi bareng sama teteh-teteh ITB yang tingkat atas yang keliatannya sihshaleh-shaleh. Dan yang pasti, yang lebih mirip rumah daripada lorong seribu pintu.

Aje gile, di tiap kamar kost ini ada gambar ’kupu-kupu emas’nya. Mereka ko segitunya ya? Ah, whatever lah… Karena udah dapet kost, nyokap bilang mau cepet-cepet pulang. Kasihan adek-adek, katanya. Sedihsebenernya. Tapi gimana lagi. Dan selama beberapa hari di ITB, mbak yang bantuin gue nyari kost sukanengokin dan nyapa-nyapi nanya kabar. Dia ngasih gambaran ITB itu gimana, ngajakin ikut OSKM[1] (dikostan ini juga ada panitia OSKMnya), ngajak ikut UKJ[2], GAMAIS[3], dan ISC. Hmm… Guebertanya-tanya, kenapa mbak itu mau ngelakuin ini semua. Dan suatu hari di SABUGA, pas gue tanya, diabilang gue bakal dapet jawabannya dari sebuah stiker dan pin kuning bertuliskan, “Ukhuwah sehangatmentari”. Tapi, apaan sih ukhuwah? Rasa-rasanya gue pernah denger istilah ini.


[1] Semacem ospek universitas. Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa
[2] Unit Kesenian Jepang
[3] Semacem ROHISnya SMA. Keluarga Mahasiswa Islam

Entry filed under: tulisan standar. Tags: , .

New Year!!! Tak kan habis ceritaku bersama abi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


quote ov da dei

ak ada alasan untuk pesimis karena Allah ‘Azza wa Jalla tak pernah berhenti memberi pertolongan, kecuali kalau iman kita telah habis dan keyakinan kita pada kekua­saan-Nya telah menipis (Mohammad Fauzil Adhim)

udah

  • 77,352 orang nih

For my special one, Kania

Dimanapun kamu berada, aku masih disini. Menyiapkan bahu untuk kau pinjam. Menyiapkan tangan untuk kau raih, serta kaki untuk kau ajak berlari kembali.

ENTP vs INTP [masih ENTP]

Click to view my Personality Profile page

kotakku


%d blogger menyukai ini: