Living Together : Hamadryas Baboon (Papio hamadryas)

Oktober 8, 2007 at 10:57 am 1 komentar

images.jpg

Pada sistem kinship, baboon adalah contoh keluarga hewan yang hidup berkoloni dan sangat tertutup terhadap keluarga lain. Baboon jantan biasanya hidup di beberapa kawanan berbeda dalam perjalanan hidupnya. Sedangkan untuk baboon betina, hubungan dengan betina lain benar-benar “until death do us part,” dan tidak mengherankan jika betina lebih menjaga dan mempertahankan (memelihara) hubungan kekeluargaannya.

Banyak baboon hidup pada koloni dengan jumlah 5 – 250 ekor baboon. Terkadang, hamadryas baboon juga bergabung dengan savanna baboon. Kawanan Hamadryas Baboon merupakan contoh koloni yang sangat besar, yang merupakan gabungan dari beberapa harem yang lebih kecil (harem ekivalen dengan satu jantan dengan empat atau lebih betina). Pejantan merupakan pemimpin struktur harem ini. Ia berperan sebagai fungsi protektif dan akan membantu menyelasaikan masalah dengan baboon lain, terutama melindungi batina pasangannya dari agresi kelompok lain.

Hubungan dominansi antar sesama atau antar hierarki koloni pada baboon dapat dipahami dari perubahan suara (vocal exchange). Ketika satu kawanan baboon berhadapan dengan kawanan baboon lain, atau berhadapan dengan kawanan yang merupakan lower-ranking, baboon akan mulai menyerang.

Perkawinan dan kelahiran

Perilaku kawin pada baboon sangat bervariasi tergantung pada struktur sosial. Pada beberapa koloni yang bergabung, beberapa jantan dapat kawin dengan beberapa ekor betina. Biasanya hal ini berlaku untuk jantan yang “berkelas”, seperti raja atau pimpinan kelompoknya, dan perkelahian antar jantan adalah hal yang biasa terjadi.

Pada harem Hamadryas Baboon, pejantan akan menjaga betinanya dengan sangat hati-hati. Meskipun demikian, beberapa jantan akan merampas sang ‘selir’. Pada situasi seperti ini, sang jantan akan berperilaku agresif. Biasanya dengan memperlihatkan ancaman akan membunuh, yaitu dengan menyorotkan pandangan tajam dan memperlihatkan giginya.

Sistem Perkawinan

Sistem perkawinan pada hamadryas baboons adalah poligini. Yaitu satu jantan dengan beberapa betina. Pada sistem seperti ini, betina akan mendapatkan perlindungan tetapi dibutuhkan adanya penguasaan daerah teritori (home range). Pada satu daerah teritori, jantan dapat melindungi beberapa kawanan betina (Kenyi, 2007). Biasanya hamadryas baboon mempunyai daerah teritori dengan luas 1 km2 hingga 40 km2.

Strategi Jantan

Hamadryas baboon jantan muda yang telah dewasa secara seksual akan berusaha untuk menjadi pemimpin tunggal pada satu kawanan betina dan tiap-tiap jantan akan mempertahankan struktur tersebut, yang kemudian disebut sebagai the one male unit. Dengan struktur seperti ini, sang pemimpin tunggal tersebut berhak untuk mengawini betina manapun yang merupakan bagian dari kelompoknya.

Jantan muda dewasa akan sering berusaha melakukan kopulasi dengan betina pada kawanannya. Hal ini dilakukan dengan betina yang tengah mangalami fase estrus (Kenyi, 2007). Pada struktur ini juga terdapat jantan follower. Jantan yang berperan sebagai follower akan selalu besama dengan jantan pemimpin.

Pejantan biasanya berusaha menarik perhatian kawanan betina ketika mulai berahi. Biasanya ia akan banyak menolong sang betina, ikut menjaga anak sang betina, atau memberi makanan pada sang betina. Beberapa betina kemudian menganggap pejantan tersebut sebagai pasangannya. Dan jantan akan terus ikut menjaga anak sang betina selama ‘perjuangannya’ merebut hati sang betina.

Strategi Betina

Sama seperti jantan, betina akan menginisiasi kopulasi dengan janta muda dewasa. Seekor betina menginisiasi perkawinan dengan memperlihatkan pantatnya pada jantan. Tetapi, perilaku ini dapat juga sebagai isyarat kepatuhan atau ketundukan pada pejantan dan akan ditanggapi oleh pejantan dengan baik.

Setiap tahun betina akan melahirkan satu ekor baboon muda setelah 10 bulan mengandung. Baboon muda umumnya berbobot satu kilogram dan berwarna hitam. Induk betina akan menjadi “primary caretaker”, walaupun beberapa betina akan berbagi tugas dengan keturunannya yang lain. Pada hamadryas baboon, penjagaan anak dilakukan secara filopatrik. Sehingga, kadang jantan juga ikut menjaga baboon muda anak betina yang masih berhubungan sebagai teman, misalnya dengan memberikan mereka makanan atau mengajak baboon muda bermain. Kemungkinan ini lebih mungkin terjadi jika baboon muda tersebut adalah keturunannya. Baboon muda akn disapih setelah berumur satu tahun dan akan dewasa secara setelah berusia lima hingga delapan tahun.

Sumber :

Amboseli Baboon Research Project. 2007. Baboon Social Life. http://www.princeton.edu/~baboon/ index.html. diakses tanggal 25 February 2007

Anonim A. 2007. Baboon. http://en.wikipedia.org/wiki/Baboon. last modified 13:46, 25 February 2007

Kenyi, Stella. 2007. Social Organization. http://www.bio.davidson.edu/people/vecase/Behavior/Spring2002/Ropars/social%20 organization.html. diakses tanggal 25 februari 2007

Kenyi, Stella. 2007. 2007. Mating System. http://www.bio.davidson.edu/people/vecase/Behavior/Spring2004/kenyi/mating%20 system.htm. diakses tanggal 25 februari 2007

Entry filed under: 1. Tags: .

How Animal Do That : Mekanisme Adaptasi Beruang Kutub (Ursus maritimus) New Year!!!

1 Komentar Add your own

  • 1. rifu  |  Desember 5, 2007 pukul 1:19 pm

    hm, seinget gw, babun tuh sistem hirarki nya dengan dua pejantan pemimpin? atau salah ya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


quote ov da dei

ak ada alasan untuk pesimis karena Allah ‘Azza wa Jalla tak pernah berhenti memberi pertolongan, kecuali kalau iman kita telah habis dan keyakinan kita pada kekua­saan-Nya telah menipis (Mohammad Fauzil Adhim)

udah

  • 77,335 orang nih

For my special one, Kania

Dimanapun kamu berada, aku masih disini. Menyiapkan bahu untuk kau pinjam. Menyiapkan tangan untuk kau raih, serta kaki untuk kau ajak berlari kembali.

ENTP vs INTP [masih ENTP]

Click to view my Personality Profile page

kotakku


%d blogger menyukai ini: